General Solusindo: Melayani Jasa IT Specialist - Instalasi - Server – Networking - Firewall Security – Virtualization - Load Balancer - App - Fiber Optic - CCTV - PABX – Configurasi – Setting – Server - Upgrade Server – Update - Recovery - Migrasi Data - RAID - Aplikasi – Upgrade – Backup - Data Storage – Splicing – Terminasi – OTDR - Active Directory - Operating System OS - Solusi Online Backup - Security Server - Domain Controller – Policies - Group Permission - Permissions - User account - Network Administration – printers - file sharing – Pemeliharaan – Maintenance - Migrasi Server Windows - Server Windows - File, Print - Email Server - Anti-virus – Malware – NAS – Database - Drive Tape Backup - Firewalls - Perangkat Server - F5 – Mikrotik – Ubuntu – Proxmox - Aruba – NGINX - NGINX Plus - Load Balancing - Data Center. Di Surabaya - Sidoarjo - Gresik - Mojokerto - Bojonegoro – Pasuruan – Pacitan – Malang – Nganjuk – Ngawi – Magetan – Madiun – Kediri – Bondowoso – Tuban – Lumajang – Jombang – Lamongan – Banyuwangi – Blitar – Sumenep – Madura – Bangkalan – Jember – Pamekasan – Ponorogo – Probolinggo – Sampang – Situbondo – Trenggalek – Tulungagung. Informasi Tlp Wa: 0812-1791-6273 Email: informasi@generalsolusindo.com

Panduan Utama Penyambungan Serat Fiber Optik

Cara Splicing, dua metode spicing, Panduan splicing Fiber Optic FO

Splicing Fiber Optic

Setiap pemilik bisnis yang bijak tahu bahwa pengalaman jaringan yang dioptimalkan dapat berdampak besar pada produktivitas perusahaan. Karena itu, para pebisnis di seluruh dunia mulai beralih ke teknisi serat optik terakreditasi untuk memasang jaringan serat optik di tempat kerja masing-masing.
 
Selama pemasangan serat optik ini, kebutuhan untuk menghubungkan kabel satu sama lain dapat muncul kapan saja. Itulah mengapa sangat mudah untuk menyewa teknisi serat optik bersertifikat Fiber Optic Association yang berpengetahuan luas dan terampil dalam penyambungan serat optik. Dengan keahlian semacam ini, teknisi mendapatkan kemampuan untuk menghubungkan dua kabel serat optik secara permanen tanpa masalah.
 

Mengenal Penyambungan Serat Optik

Seperti disebutkan sebelumnya, penyambungan serat optik adalah metode yang digunakan oleh teknisi serat optik untuk menggabungkan dua kabel serat optik terpisah menjadi satu. Melalui penyambungan, teknisi memperoleh kapasitas untuk memperpanjang, panjang kabel yang mereka gunakan untuk menjalankan yang diperlukan. Selain itu, juga digunakan oleh para ahli untuk memulihkan kabel serat optik yang terputus yang terkubur di bawah tanah.
 

Dua Metode Penyambungan Serat Optik

Ada dua metode penyambungan serat optik yang umum digunakan dalam dunia bisnis saat ini, penyambungan mekanis dan penyambungan fusi. Sebelum pemilik bisnis melanjutkan upaya pemasangan serat optik mereka, penting bagi mereka untuk memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang dua metode umum ini. Dengan melakukan ini, mereka akan dapat menilai teknik mana yang paling berhasil untuk perusahaan mereka dan meningkatkan kinerja bisnis mereka.
 
Berikut adalah dua metode penyambungan yang harus Anda ketahui:

Penyambungan Mekanis

Metode penyambungan serat optik ini melibatkan penyelarasan dua kabel serat optik bersama-sama dengan cara yang tepat. Dalam proses ini, teknisi perlu menggunakan perangkat penyelarasan dan gel pencocokan indeks. Selain itu, penting juga bahwa gel yang digunakan dalam metode ini memiliki indeks bias yang sama saat menutupi kemungkinan celah udara. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat memastikan bahwa perjalanan cahaya dari satu serat ke serat lainnya akan berlangsung dengan kehilangan dan refleksi punggung yang minimal.
 
Paling sering daripada tidak, penyambungan mekanis digunakan untuk memulihkan kabel jarak pendek dengan cepat di instalasi serat optik. Cara ini biasa digunakan oleh teknisi untuk menghubungkan sementara kabel pada saat instalasi. Bagaimana Melakukan Sambungan Mekanis dengan Benar

Langkah 1: Siapkan kabel serat optik Anda.

Sebelum melakukan hal lain, Anda harus mengupas serat dari lapisan pelindung, jaket, tabung, bagian penguat, dll. Untuk melakukan metode ini dengan benar, Anda harus memastikan bahwa Anda mengupasnya dengan benar dan rapi. Anda akan dapat mengetahui apakah Anda melakukannya dengan benar jika Anda dapat melihat serat telanjang di bagian kabel yang terlepas.
 

Langkah 2: Pisahkan kabel serat optik Anda.

Setelah menyiapkan kabel serat optik Anda, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyambungkan kabel Anda menggunakan golok serat yang baik. Dengan perangkat ini, teknisi akan dapat membuat potongan kecil pada kabel Anda untuk memastikan ujung yang halus seperti cermin. Konon, serat golok sangat penting dalam hal sambungan mekanis.
 

Langkah 3: Gabungkan serat secara mekanis

Tidak perlu panas untuk menyelesaikan langkah ini. Yang harus Anda lakukan adalah memposisikan ujung serat bersama-sama di unit sambungan mekanis. Gel pencocokan indeks yang digunakan di dalam peralatan kemudian akan membantu memasangkan cahaya di ujung kabel serat optik Anda. Jika Anda menggunakan peralatan yang lebih lama, Anda harus menggunakan epoksi sebagai ganti gel indeks yang cocok untuk menyatukan inti.
 

Langkah 4: Lindungi serat

Setelah Anda menyelesaikan tiga langkah pertama, Anda harus meletakkan serat di baki sambungan dan kemudian menutup sambungan. Meskipun tidak perlu menggunakan panas di luar penutup pabrik, penting untuk menutup penyempitan tabung dengan hati-hati. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat mencegah kabel Anda mengalami kerusakan akibat kelembapan.
 

Fusion Splicing

Tidak seperti penyambungan mekanis, penyambungan fusi memungkinkan sambungan permanen dua kabel serat optik. Metode penyambungan ini menggunakan mesin profesional untuk menghasilkan panas dan kaca sekering yang tepat berakhir bersamaan untuk transmisi cahaya yang berkelanjutan. Dengan demikian, metode penyambungan fusi memungkinkan kabel serat optik mengalami kehilangan transmisi cahaya yang sangat rendah.
 
Cara Menyelesaikan Fusion Splices yang Benar

Langkah 1. Siapkan kabel fiber.

Jika Anda ingin menyelesaikan sambungan fusi dengan benar, Anda harus melucuti selubung kabel serat optik dalam jumlah yang memadai. Selain itu, Anda juga disarankan untuk membersihkan setiap serat secara menyeluruh sebelum Anda mengupasnya untuk penyambungan. Setelah itu, Anda harus memastikan bahwa Anda membersihkan semua bahan yang menghalangi air dengan menggunakan pembersih.
 

Langkah 2: Potong serat dengan Pisau.

Saat Anda memotong kabel serat optik selama sambungan fusi, penting bagi Anda untuk memastikannya dilakukan dengan tepat. Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan jaminan bahwa Anda akan memenuhi kebutuhan penyambungan kabel serat dan meningkatkan jaringan serat optik perusahaan Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menempatkan serat ke dalam peralatan yang digunakan untuk penyambungan fusi, menjepitnya pada tempatnya, dan kemudian memotong serat dengan golok yang sesuai.
 

Langkah 3: Jalankan program splicer.

Setelah memotong serat Anda, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih program yang akan memotong serat Anda. Melalui program ini, Anda akan dapat melihat bagaimana serat disambung pada layar video. Selain itu, menjalankan program splicer juga dapat membantu Anda memeriksa potongan ujung serat Anda secara menyeluruh. Dengan demikian, Anda akan dapat menyelaraskan serat menggunakan metode penyelarasan inti dan memastikan bahwa sambungan berada dalam kondisi terbaik dengan peralatan penyambungan.
 

Langkah 4: Evaluasi kualitas sambungan Anda.

Setelah Anda selesai menyambungkan kabel serat Anda, hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengevaluasi kualitas sambungan Anda. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat memastikan bahwa sambungan Anda akan mengoptimalkan pengalaman jaringan Anda di perusahaan Anda. Untuk membantu Anda dalam upaya ini, berikut panduan tentang bagaimana Anda dapat mengidentifikasi apakah sambungan Anda dibuat dengan baik atau tidak:

Sambungan yang Baik

Jika Anda ingin memastikan sambungan Anda bagus, sangat penting bagi Anda untuk memeriksa sambungan yang Anda buat menggunakan tampilan X dan Y setelah program berjalan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan bahwa tidak apa-apa menemukan beberapa kekurangan pada sambungan selama tidak mempengaruhi transmisi optik kabel Anda.

Berikut tampilan sambungan yang bagus:
Sambungan Fiber Optic Yang bagus

Sambungan Buruk

Meskipun benar bahwa ada beberapa kekurangan penyambungan yang dapat diterima, ada juga beberapa sambungan yang dibuat dengan buruk yang perlu dibuat ulang. Bisa berupa bintik hitam, garis, gelembung, dll. Setelah Anda menemukannya, Anda harus memperbaikinya sehingga Anda dapat mengoptimalkan jaringan serat optik Anda. Selain itu, Anda harus ingat bahwa meskipun dapat dibuat ulang untuk ditingkatkan, Anda tidak boleh membuat ulang lebih dari dua kali untuk memastikan kualitasnya.
 
Berikut tampilan sambungan yang buruk:

Sambungan Fiber Optic Yang Buruk

Langkah 5: Lindungi serat.

Sama seperti bagaimana serat pada sambungan mekanis harus dilindungi, juga penting bagi teknisi untuk melindungi kabel serat selama sambungan fusi. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat melindungi serat Anda dari gaya tekuk dan tarik. Selain itu, ini juga dapat membantu Anda mendapatkan ketenangan pikiran bahwa sambungan Anda tidak akan rusak saat Anda menanganinya secara normal.

Tip untuk Menyelesaikan Sambungan yang Lebih Baik

Terlepas dari metode penyambungan apa yang Anda gunakan untuk kabel serat optik, sangatlah penting bahwa Anda mempelajari cara menyelesaikan sambungan yang lebih baik. Dengan mempelajari cara membuat sambungan yang lebih baik, Anda akan dapat memastikan bahwa jaringan perusahaan Anda akan ditingkatkan saat Anda menginstalnya. Selain itu, langkah ini juga dapat membantu Anda membuka jalan bagi kesuksesan perusahaan Anda di dunia bisnis.
 
Untuk mempelajari lebih detail, berikut adalah tip tentang cara menyelesaikan sambungan yang lebih baik:

Bersihkan Alat Penyambungan Anda Secara Menyeluruh dan Sering

Sebelum Anda menyambung kabel serat optik, sebaiknya Anda memastikan kebersihan alat penyambungan Anda terlebih dahulu. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat menghindari masalah besar pada infrastruktur serat optik Anda. Mungkin Anda memerlukan waktu dan uang untuk memelihara alat, tetapi ini pasti akan membantu Anda di masa depan.

Rawat dan Operasikan Cleaver Anda dengan Benar

Selain membersihkan alat splicing Anda dengan benar, Anda juga harus memastikan bahwa Anda menjaga parang Anda dengan hati-hati. Ini terutama benar karena fakta bahwa golok adalah alat paling berharga yang Anda butuhkan untuk melakukan penyambungan serat. Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan mengikuti petunjuk pabrik tentang cara merawat dan membersihkan pisau Anda dengan benar.
 
Sesuaikan Parameter Fusi Anda Secara Minimal dan Metodis (Hanya untuk sambungan fusi )
Dalam hal penyambungan fusi, Anda harus menyesuaikan parameter fusi Anda secara minimal. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat mengubah parameter fusi sesuai keinginan Anda dan mempertahankan pengaturan yang Anda inginkan. Untuk mencapai ini, Anda disarankan untuk mengubahnya satu per satu sampai Anda menemukan parameter fusi yang tepat untuk serat Anda. Itulah panduan utama penyambungan serat fiber optic. Apabila anda butuh jasa di bawah ini.


  1. Jasa Splicing Fiber Optic ( FO ) / Terminasi
  2. Jasa OTDR Fiber Optic ( FO )
  3. Jasa Instalasi Fiber Optic ( FO )
  4. Jasa Penarikan Kabel Fiber Optic ( FO )
  5. Jasa Galian / Borongan Fiber Optic ( FO )
Anda bisa menghubungi jasa Profesional Bersertifikat Resimi General Solusindo, untuk info selengkapnya hubungi CS kami.


Yoyok Isjhon

Author & Editor

Professional and Trusted Network Services. Network Installation / Installation Services, CCTV, Splicing FO, Server, Antivirus, etc. Telephone / Wa +62 812-1791-6273.