Jasa Pemasangan Jaringan - Jasa Pengadaan Jaringan - Jasa Maintenace Jaringan - Jasa Pemasangan Jaringan Surabaya - Jasa Pemasangan Jaringan Sidoarjo - Jasa Pemasangan Jaringan Mojokerto - Jasa Pemasangan Jaringan Gresik - Jasa Pemasangan Jaringan Lamongan - Jasa Pemasangan Jaringan Tuban - Jasa Pemasangan Jaringan Jombang - Jasa Pemasangan Jaringan Bojonegoro - Jasa Pemasangan Jaringan Pasuruan - Jasa Pemasangan Jaringan Malang - Jasa Pemasangan Jaringan Bangkalan - Jasa Pemasangan Jaringan Banyuwangi - Jasa Pemasangan Jaringan Bondowoso - Jasa Pemasangan Jaringan Jember - Jasa Pemasangan Jaringan Lumajang - Jasa Pemasangan Jaringan Madiun - Jasa Pemasangan Jaringan Magetan - Jasa Pemasangan Jaringan Nganjuk - Jasa Pemasangan Jaringan Ngawi - Jasa Pemasangan Jaringan Pacitan - Jasa Pemasangan Jaringan Pamekasan - Jasa Pemasangan Jaringan Ponorogo - Jasa Pemasangan Jaringan Probolinggo - Jasa Pemasangan Jaringan Sampang - Jasa Pemasangan Jaringan Situbondo - Jasa Pemasangan Jaringan Sumenep - Jasa Pemasangan Jaringan Trenggalek - Jasa Pemasangan Jaringan Tulungagung - Jasa Pemasangan Jaringan Batu - Jasa Pemasangan Jaringan Blitar - Jasa Pemasangan Jaringan Kediri - Jasa Pemasangan CCTV - Jasa Pengadaan CCTV - Jasa Maintenance CCTV - Jasa Pemasangan CCTV Surabaya - Jasa Pemasangan CCTV Sidoarjo - Jasa Pemasangan CCTV Mojokerto - Jasa Pemasangan CCTV Gresik - Jasa Pemasangan CCTV Lamongan - Jasa Pemasangan CCTV Tuban - Jasa Pemasangan CCTV Jombang - Jasa Pemasangan CCTV Bojonegoro - Jasa Pemasangan CCTV Pasuruan - Jasa Pemasangan CCTV Malang - Jasa Pemasangan CCTV Bangkalan - Jasa Pemasangan CCTV Banyuwangi - Jasa Pemasangan CCTV Bondowoso - Jasa Pemasangan CCTV Jember - Jasa Pemasangan CCTV Lumajang - Jasa Pemasangan CCTV Madiun - Jasa Pemasangan CCTV Magetan - Jasa Pemasangan CCTV Nganjuk - Jasa Pemasangan CCTV Ngawi - Jasa Pemasangan CCTV Pacitan - Jasa Pemasangan CCTV Pamekasan - Jasa Pemasangan CCTV Ponorogo - Jasa Pemasangan CCTV Probolinggo - Jasa Pemasangan CCTV Sampang - Jasa Pemasangan CCTV Situbondo - Jasa Pemasangan CCTV Sumenep - Jasa Pemasangan CCTV Trenggalek - Jasa Pemasangan CCTV Tulungagung - Jasa Pemasangan CCTV Batu - Jasa Pemasangan CCTV Blitar - Jasa Pemasangan CCTV Kediri - Telepon Atau Whatsapp +62 857 4543 7157

Tutorial Upgrade Proxmox Versi 5.0 ke Versi 5.4 Terbaru

Tutorial Upgrade Proxmox Versi 5.0 ke Versi 5.4 Terbaru, jasa server, surabaya, Sidoarjo


Sekarang ini sudah banyak yang menggunakan Proxmox VE (PVE) untuk pekerjaan yang membutuhkan manajemen Virtual Machine. PVE ini juga dikenal sebagai type hypervisor. Hypervisor ini merupakan aplikasi yang dapat melakukan manajemen virtual machine. Hypervisor dapat membuat virtual machine , melakukan konfigurasi virtual machine, menjalankan virtual machine dan juga mengendalikan virtual machine ini.

Saat ini versi terbaru proxmox VE adalah versi 6.2.1 akan tetapi masih banyak perusahaan atau teman teman programer yang menggunakan proxmox VE ini dalam versi yang lama termasuk saya. Program proxmox VE yang saya gunakan adalah versi 5.0.

Bagaimana caranya agar kita melakukan upgrade proxmox dari versi 5.0 ke versi di atasnya. Di bawah ini saya akan coba membantu bagaimana agar kita bisa upgrade proxmox VE ini.
Kali ini saya memilih untuk membahas tentang cara upgrade proxmox versi 5.0 ke proxmox versi 5.4.

Langkah pertama yang kita lakukan adalah, kita masuk kedalam host proxmox yang kita miliki seperti contoh berikut dibawah ini.

Ketik https://192.168.0.xxx:8006 (*huruf x ini adalah alamat host dari IP address proxmox yang akan kita remote dari web server proxmoxnya)




Setelah masuk ke web server proxmox VE GUI, kita bisa menggunakan menu shell yang ada di folder Nodes Gambar di bawah ini adalah tampilan web proxmox VE GUI yang akan kita ketikkan perintah di menu Shell.




Kemudian tuliskan perintah seperti gambar berikut di bawah ini  tapi sebelumnya kita harus update dulu system proxmox kita dengan perintah ber urutan seperti di bawah ini.


root@generalsolusindo:~# apt-get update

setelah proses update selesai lanjutkan perintah berikutnya


root@generalsolusindo:~#  nano /etc/apt/sources.list


Setelah kita ketikkan perintah di atas maka akan muncul gambar berikut




Edit Proxmox VE No-Subscription Repository kita  ( /etc/apt/sources.list) dengan menambahkan perintah di bawah ini.

# PVE pve-no-subscription repository provided by proxmox.com,
# NOT recommended for production use
deb http://download.proxmox.com/debian/pve stretch pve-no-subscription


Selanjutnya tekan control + X di keyboard , akan ada pertanyaan save modified buffer? Klik Y (YES) lalu klik enter 2x

Ulangi lagi dengan melakukan perintah seperti di atas yaitu apt-get update 
root@generalsolusindo:~# apt-get update 

setelah itu masukkan lagi perintah untuk upgrade seperti di bawah ini 
root@generalsolusindo:~# apt-get dist-upgrade 

setelah proses upgrade selesai kita akan lihat apakah ada perubahan di versi proxmox kita setelah kita upgrade atau di sebut upgrade minor version , sekarang kita ketikkan perintah untuk melihat versi proxmox kita ketik pveversion –v

root@generalsolusindo:~# pveversion -v
akan muncul tulisan seperti di gambar bawah ini , proxmox VE : 5.4 yang artinya bahwa versi proxmox kita sudah berubah ke versi 5.4 dari versi sebelumnya 5.0 lihat gambar di bawah ini versi sebelum diupgrade 5.0