General Solusindo: Melayani Jasa IT Specialist - Instalasi - Server – Networking - Firewall Security – Virtualization - Load Balancer - App - Fiber Optic - CCTV - PABX – Configurasi – Setting – Server - Upgrade Server – Update - Recovery - Migrasi Data - RAID - Aplikasi – Upgrade – Backup - Data Storage – Splicing – Terminasi – OTDR - Active Directory - Operating System OS - Solusi Online Backup - Security Server - Domain Controller – Policies - Group Permission - Permissions - User account - Network Administration – printers - file sharing – Pemeliharaan – Maintenance - Migrasi Server Windows - Server Windows - File, Print - Email Server - Anti-virus – Malware – NAS – Database - Drive Tape Backup - Firewalls - Perangkat Server - F5 – Mikrotik – Ubuntu – Proxmox - Aruba – NGINX - NGINX Plus - Load Balancing - Data Center. Di Surabaya - Sidoarjo - Gresik - Mojokerto - Bojonegoro – Pasuruan – Pacitan – Malang – Nganjuk – Ngawi – Magetan – Madiun – Kediri – Bondowoso – Tuban – Lumajang – Jombang – Lamongan – Banyuwangi – Blitar – Sumenep – Madura – Bangkalan – Jember – Pamekasan – Ponorogo – Probolinggo – Sampang – Situbondo – Trenggalek – Tulungagung. Informasi Tlp Wa: 0811-321-9992 Email: informasi@generalsolusindo.com

Cara Akses Mikrotik Via Winbox dan Webfig

Cara Akses Mikrotik Via Winbox, Tutorial Akses Mikrotik Via Winbox, Cara Akses Mikrotik Via Webfig, Tutorial Akses Mikrotik Via Webfig, Tutorial Mikro

Hallo semua ,jumpa lagi dengan admin di artikel kali ini . jangan lupa tetap selalu cuci tangan dan menggunakan masker, lalu patuhi protokol kesehatan di daerah kalian masing-masing agar kita semua tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Ok mungkin langsung saja admin di sini akan membahas tentang MIKROTIK. Pasti kalian bertanya-tanya apa itu mikrotik. Mikrotik merupakan sistem operasi Linux base yang digunakan untuk network router. Mikrotik didesain untuk memberi kemudahan bagi para penggunanya. Sistem administrasinya bisa diterapkan dengan menggunakan Windows Application (Winbox). 

Selain itu, proses instalasi juga bisa dilakukan dengan mengunakan Standard Computer. Untuk mengakses mikrotik kali ini admin menggunakan dua cara yaitu menggunakan Alikasi WinBox dan juga WebFig. Jika masih kesulitan konfirgurasi nanti anda bisa mencari jasa Konfigurasi Mikrotik, atau jasa IT Specialist, biasa penyedia jasa sudah include dengan jasa, setting, install, maintenance, konfigurasi, atau hubungi jasa mikrotik Profesional disini, tapi sebelum menghubungi lebih baik anda coba dulu siapa tau anda bisa dengan tutorial yang kami berikan di bawah ini.

Untuk langkah nya sebagai berikut:

1.       Pertama download winbox di google chrome

Cara Akses Mikrotik Via Winbox dan Webfig

2.       Lalu hubungkan laptop/pc ke mikrotik menggunakan kabel lan rj45

Cara Akses Mikrotik Via Winbox dan Webfig

3.       Setelah itu buka winbox nya dengan klik kiri dua kali pada mouse dan cursor mengarah ke aplikasi winbox

4.       Kemudian tampilan awal winbox akan menampilkan gambar menu awalnya

Cara Akses Mikrotik Via Winbox dan Webfig

5.       Di tampilan ini ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yaitu mac address dan ip address

Cara Akses Mikrotik Via Winbox dan Webfig

6.       Untuk loggin nya di winbox sebaiknya menggunakan mac addres ya itu dengan cara klik kiri dua kali pada mac adrees nya

7.       Mac address akan muncul di bagian (connect to)

Cara Akses Mikrotik Via Winbox dan Webfig

8.       Setelah itu isikan login nya dengan (admin)

9.       Untuk password nya biasaya mikrotik baru tidak berpasword, namun kali ini saya menggunakan mikrotik yang sudah di setting sebelumnya jadi saya harus memasukkan paword jika mau mengakses ikrotik tersebut.

10.   Jika semua sudah ter isi maka klik connect

Cara Akses Mikrotik Via Winbox dan Webfig

11.   Tampilan selanjutnya adalah tampilan dalam winbox

Cara Akses Mikrotik Via Winbox dan Webfig

12.   Ada beberapa menu di winbox dan juga ada sub menu jika kita membuka menu tersebut

13.   Sebagai contoh menu ip di situ banyak sub menu nya dan masih banyak menu-menu yang lain

Baca Tutorial:

Cara Akses Mikrotik Via Winbox dan Webfig

 

Untuk selanjutnya kita akses mikrotik lewat webfig

1.       Yang pertama adalah buka webfig via chrome

2.       Lalu ketikkan ip address nya > lalu klik enter

Cara Akses Mikrotik Via Winbox dan Webfig

3.       Setelah itu kita akan masuk webfignya

Cara Akses Mikrotik Via Winbox dan Webfig

4.       Login terlebih dahulu ,untuk login sama jika mikrotik baru dia tidak perlu password tapi kali ini saya masih menggunakan mikrotik yang sama dengan sebelumnya

5.       Setelah itu tampilan dalam webfig akan muncul

Cara Akses Mikrotik Via Winbox dan Webfig

6.       Tapilan webfig sama dengan tampilan winbox


Mungkin langkah-langkah di atas dapat cukup membantu kalian untuk coba mengakses mikrotik yang kalian beli. Untuk penjelasan fungsi menu pada mikrotik akan admin bahas dalam artikel berikutnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan dapat membantu kalian. 

Jangan lupa support admin dengan cara like,coment,dan subscribe channel youtube General Solusindo,  agar admin tetap semangat dan selalu memberikanedukasi-edukasi yang bermanfaat untuk kalian semua. Satu like/koment/subscribe sangan mebantu admin.dan jangan lupa share juga ke teman-kalian .

Yoyok Isjhon

Author & Editor

Professional and Trusted Network Services. Network Installation / Installation Services, CCTV, Splicing FO, Server, Antivirus, etc. Telephone / Wa 081-1321-9992.

0 comments:

Post a Comment